Monday, September 5, 2016

Tutorial Membuat Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web dengan PHP & MySql

Tutorial Membuat Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web dengan PHP & MySql
Tutorial Membuat Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web dengan PHP & MySql

Bidang Teknologi Informatika sedang digemari oleh banyak kalangan sekarang ini, terutama jurusan rekayasa perangkat lunak. Swasta maupun Pemerintah sedang berlomba­lomba meningkatkan sistem informasi manajemen di perusahaan mereka. Permintaan akan lulusan IT pun semakin meningkat, bukan hanya dari kuantitas sumber daya manusia tetapi juga kualitas ilmu pengetahuan sumber daya manusia di dunia IT.

PHP Indonesia berkolaborasi dengan MGMP Kudus ­ Jepara ­ Demak mengadakan pelatihan pembuatan website bagi guru SMK IT jurusan rekayasa perangkat lunak di kota Kudus ­ Jepara ­ Demak. Pada pelatihan ini PHP Indonesia akan berbagi tips tentang bagaimana cara membuat ​ website​ . Tujuan akhir dari pelatihan ini adalah peserta mampu membuat sebuah relasi data, pembuatan sistem mengunggah foto, pembuatan halaman login atau autentikasi, pembuatan sistem yang di dalamnya terdapat create, update, delete, input, proses dan output. Peserta juga diharapkan mampu membedakan kegunaan dari masing­masing teknologi yang digunakan.

Modul ini disusun dengan tekad yang besar demi memajukan kualitas programmer di Indonesia. Modul dengan mengambil studi kasus Sistem Informasi Perpustakaan ini diharapkan bisa menjadi materi dasar untuk berkembang dari Junior Programmer hingga menjadi Expert Programmer.

Modul dibagi menjadi beberapa bagian yaitu yang pertama instalasi XAMPP dan Tools pendukung, pada bagian ini akan dibahas peralatan apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan sebuah ​ website​ . Kedua adalah ​ database atau basis data, bagian ini berisi penjelasan tentang apa itu basis data dan penerapan basis data dalam suatu Sistem Informasi Perpustakaan. Yang ketiga adalah HTML dan CSS, bagian ini berisi penjelasan singkat tentang apa itu HTML dan CSS, kegunaan HTML dan CSS serta penerapan HTML dan CSS dalam membuat tampilan sebuah ​ website ​ yang lebih interaktif bagi pengguna. Keempat adalah PHP,    bagian ini berisi tentang apa itu PHP dan implementasi PHP di dalam sebuah Sistem Informasi Perpustakaan.

STUDI KASUS

Pada studi kasus kali ini akan dibuat sebuah sistem informasi perpustakaan. Sistem Informasi Perpustakaan dipilih karena sistem ini memiliki komponen­komponen yang cukup lengkap namun juga lebih sederhana, sehingga sesuai untuk dijadikan pembelajaran. Komponen­komponen yang dimaksud antara lain:
1. Terdapat pengaplikasian CRUD
2. Terdapat relasi data antar tabel di database
3. Terdapat fitur login (authentication), upload file/gambar
4. Terdapat pemrosesan data (peminjaman buku, pengembalian buku dan perhitungan denda).

Sistem informasi perpustakaan ini dibuat untuk memudahkan dalam pencarian koleksi buku yang ada, pengelolaan buku dan memudahkan proses transaksi pengembalian dan peminjaman buku. Sistem informasi perpustakaan ini melibatkan anggota dan petugas perpustakaan.
Aktifitas yang ada di sistem ini sebagai berikut :
1. Pendaftaran Anggota
Pengunjung yang belum terdaftar sebagai anggota dapat melakukan pendaftaran dengan mengisi formulir pendaftaran anggota yang terdapat pada sistem.
2. Pengelolaan buku
Petugas dapat melakukan pengelolaan data buku dengan input data buku, edit data buku dan hapus data buku.
3. Peminjaman
Buku yang sudah dikelola oleh petugas perpustakaan dapat dipinjamkan kepada anggota pepustakaan.Anggota perpustakaan adalah pengunjung yang sudah melakukan proses pendaftaran anggota.Input data peminjaman dilakukan oleh petugas perpustakaan.
4. Pengembalian
Buku yang sudah dipinjam oleh anggota input data pengembaliannya dilakukan oleh petugas perpustakaan.Sistem akan memberikan laporan apakah pengembalian tepat waktu atau tidak, jika tidak sistem akan menghitung denda yang harus dibayar oleh anggota yang meminjam buku tersebut.

download modul lengkap disini

thanks to:
php indonesia dan php joglo raya

tag:
aplikasi perpustakaan berbasis web dengan menggunakan php mysql dan barcode, aplikasi perpustakaan berbasis web gratis, aplikasi perpustakaan menggunakan php, cara membuat aplikasi perpustakaan berbasis web, cara membuat program perpustakaan dengan php, contoh aplikasi perpustakaan berbasis web, contoh aplikasi perpustakaan dengan php, contoh aplikasi web perpustakaan, contoh program perpustakaan php, contoh program perpustakaan sekolah dasar, contoh sistem informasi perpustakaan berbasis web, download aplikasi perpustakaan berbasis web dengan php dan mysql, download aplikasi perpustakaan php mysql, download script web perpustakaan, download sistem informasi perpustakaan berbasis web, membuat aplikasi perpustakaan berbasis web, membuat aplikasi perpustakaan dengan php, membuat program perpustakaan dengan php, program perpustakaan menggunakan php, script web elibrary v3 sistem, sistem informasi perpustakaan berbasis web dengan php dan mysql, source code aplikasi perpustakaan berbasis web, source code aplikasi perpustakaan php, source code perpustakaan dengan vb, source code perpustakaan online php, source code perpustakaan php, source code sistem informasi geografis berbasis web, source code sistem informasi perpustakaan berbasis web, source code sistem informasi php berbasis web, tutorial membuat aplikasi perpustakaan berbasis web, tutorial membuat aplikasi perpustakaan berbasis web dengan php & mysql,

Berkomentarlah sebagai pengunjung yang baik.
EmoticonEmoticon